Tuesday, October 1, 2013

pertanyaan dan jawaban mata kuliah pkn

1.      Pertanyaan:
Jelaskan mengapa bangsa indonesia memerlukan wawasan nasional dalam usaha mencapai cita-cita nasional?
Jawaban:
Bangsa indonesia memerlukan wawasan nasional sebagai sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu – rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Sehingga dengan demikian akan tercapai cita – cita nasional yang diharapkan oleh masyarakat.
2.      Pertanyaan:
Jelaskan hubungan wawasan nusantara dengan pancasila!
Jawaban:
Pancasila adalah Dasar Negara bangsa Indonesia yang di dalamnya terdapat sila-sila dan butir-butir Pancasila yang menjadi Pedoman Hidup Bangsa Indonesia (Warga Negara).Sedangkan Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.Sehingga dalam membangun Indonesia haruslah berdasarkan Pancasila dengan aturan yang tidak lepas dari UUD 1945.Sehingga diharapkan segala bentuk Indonesia berjalan di atas Pancasila dan UUD 1945. Demikian juga Warga Negara Indonesia seharusnyalah HIDUP BERMASYARAKAT menggunakan Pancasila dan UUD 1945.
3.      Pertanyaan:
Apakah tujuan wawasan nusantara!
Jawaban
·         Tujuan nasional, dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah "untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial".
·         Tujuan ke dalam adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia
4.      Jelaskan dengan singkat pengertian nusantara sebagai kesatuan dalam bidang poleksosbudhankam!
5.      Pertanyaan:
Wawasan nusantara adalah wawasan nasional bangsa indonesia. Oleh karena itu, Wasantara merupakan landasan nasional. Bagaimana cara anda menjelaskan hubungan obyek tersebut!
Jawaban:
Karena pada hakekatnya wawasan Nusantara merupakan pedoman bagi pencapaian tujuan nasional. Didalamnya terdapat arahan, pedoman, acuan dan tuntunan bagi setiap individu bangsa Indonesia selain itu Konsepsi Wawasan Nusantara juga berpangkal pada nilai – nilai pancasila yang merupakan landasan negara. Oleh karena itu dapat dikatakan wawasan Nusantara merupakan landasan nasional.
6.      Wawasan nusantara tidak hanya berdimensi sebagai  wawasan nasional,tetapi juga sebagai waswil,waskum,wawasan hankam. Apa implikasi atau hubungan wajah wasantara tersebut dalam penerapan berbangsa dan bernegara?
7.      Pertanyaan:
Mengapa politik “Devide At Impera” belanda tidak berhasil pada tahun 1945-1950? jelaskan!
Jawaban:
Karena pada saat itu bangsa indonesia sebagian sudah mengerti tentang pentingnya keutuhan suatu negara, sehingga secara tidak langsung memiliki jiwa ketahanan nasional, yang menyebabkan bangsa indonesia selalu melakukan pemberontakan – pemberontakan terhadap perjanjian dengan belanda yang sekiranya dapat mengancam keutuhan suatu negara dan lebih bersifat memecah belah antara satu dengan yang lain.
8.      Pertanyaan:
Apa kata Kunci dalam konsep ketahanan nasional!
Jawaban:
·         Keuletan merupakan kualitas diri.
·         Ketangguhan adalah kualitas yang menunjukkan kekuatan atau kekokohan sebagaimana dipersepsikan dari luar oleh pihak lain.
·         Ancaman merupakan hal atau usaha yang bersifat mengubah kebijaksanaan dan dilaksanakan secara konsepsional kriminal serta politik
·         Tantangan merupakan usaha yang bertujuan atau bersifat menggugah kemampuan.
·         Hambatan merupakan usaha yang bertujuan melemahkan secara tidak konsepsional yang berasal dari diri sendiri.
·         Gangguan adalah hambatan yang berasal dari luar yang bertujuan melemahkan secara tidak konsepsional.
·         Identitas adalah ciri khas suatu bangsa dilihat secara keseluruhan yang membedakannya dengan bangsa lain.
·         Integritas adalah kesatuan yang menyeluruh dalam kehidupan nasional suatu bangsa, baik aspek alamiah maupun aspek sosial.
9.      Pertanyaan:
Sebutkan kelompok gatra Alamiah (Tri Gatra) dan kelompok Gatra Sosial (Panca Gatra)!
Jawaban:
Kelompok gatra alamiah(Trigatra), terdiri dari:
·         Kondisi geografis negara
·         Kekeyaan alam
·         Keadaan kemampuan penduduk(demografi)
Kelompok gatra sosial(Pancagatra), terdiri dari:
·         Ideologi
·         Politik
·         Ekonomi
·         Sosial budaya
·         Hankam(pertahanan dan keamanan)
10.  Pertanyaan:
Apa saja yang merupakan asas Tannas dan apa sifat – sifatnya?
Jawaban:
Asas ketahanan nasional yaitu:
1)      Pendekatan Kesejahteraan dan Keamanan
Konsepsi ketahanan nasional hakikatnya adalah konsepsi pengaturan kesejahteraan dan keamanan. Kesejahteraan dan keamanan bagai satu keping mata uang, keduanya tidak dapat dipisahkan tetapi dapat dibedakan.
2)      Komprehensif dan  Integral
Ketahanan nasional dalam memecahkan masalah-masalah kehidupan nasional secara komprehensif integral (utuh menyeluruh), tidak dipandang dari satu sisi saja.
Sifat – sifat ketahanan nasional yaitu:
1)      Manunggal
Aspek kehidupan bangsa Indonesia dikelompokkan ke dalam delapan gatra atau astagatra.
2)      Mawas ke dalam dan Mawas ke luar
Ketahanan nasional terutama diarahkan pada diri bangsa dan negara sendiri.
3)      Kewibawaan
Makin meningkatnya pembangunan nasional, akan meningkatkan ketahanan nasional.
4)      Berubah menurut Waktu
Ketahanan nasional, sebagai kondisi bangsa tidak selalu tetap, tergantung dari upaya bangsa dalam pembangunan nasional dari waktu ke waktu dan ketangguhannya menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.
5)      Tidak Membenarkan Adu Kekuatan dan Adu Kekuasaan
Konsep ketahanan nasional tidak hanya mengutamakan kekuasaan fisik tetapi juga kekuatan moral yang dimiliki suatu bangsa.
6)      Percaya Pada Diri Sendiri
Ketahanan nasional ditingkatkan dan dikembangkan didasarkan atas kemampuan sumber daya yang ada pada bangsa dan sikap percaya kepada diri sendiri.Pertanyaan:
11.  Pertanyaan:
Mengapa Tannas sangat diperlukan atau menjadi tuntutan hidup suatu bangsa?
Jawaban:
Karena pada dasarnya ketahanan nasional merupakam kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara.Oleh karena itu,ketahanan mutlak diperlukan suat bangsa untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa tersebut.Dimana dengan adanya ketahanan nasional tersebut maka suatu bangsa tidak akan mudah terpecah belah, dan juga dapat menghadapi ancaman, hambatan, dan gangguan baik dari dalam,maupun dari luar sehingga dapat tercipta kejayaan suatu bangsa.
12.  Pertanyaan:
Bagaimana pendapat anda, mana yang lebih utama pendekatan kesejahteraan atau pendekatan keamanan dalam sistem tannas!
Jawaban:
Menurut saya, pendekatan kesejahteraan atau pendekatan keamanan dalam sistem pertahanan nasional sama – sama penting, tergantung dari kondisi yang dihadapi oleh negara. Sebagai contoh Negara Indonesia yang saat ini mengalami krisis yang menyebabkan barang – barang naik harganya. Oleh karena itu diperlukan pendekatan kesejahteraan dengan cara membuka lapangan pekerjaan sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial yang semakin besar.
13.  Pertanyaan:
Apa yang menjadi landasan Tannas?
Jawaban:
·         Pancasila
·         UUD 1945
·         Wawasan nusantara
14.  Pertanyaaan:
Bagaimana Tannas berubah menurut waktu?
Jawaban:
Karena ketahanan nasional tergantung dari peningkatan intensitas pembangunan nasional di segala bidang,baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, dan manusianya sendiri yang setidaknya memerlukan suatu peningkatan mutu dan kualitas yang tetap berpedoman pada nilai-nilai pancasila. Jika makin tinggi volume atau intensitas pembangunan dalam kurun waktu tertentu,tingkat ketahanan nasional semakin meninggkat dan sebaliknya makin rendah volume atau intensitas pembangunan dalam kurun waktu tertentu makin rendah tingkat ketahanan nasional.
15.  Pertanyaan:
Apa fungsi Tannas dalam kehidupan nasional?
Jawaban:
a.       Doktrin perjuangan nasional.
b.      Pola dasar pembangunan nasional.
c.       Metode pembinaan kehidupan nasional.
16.  Pertanyaan:
Berikan contoh bahwa manusia budaya melakukan hubungan dengan lingkungannya!
Jawaban:
Manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat dimana setiap masyarakat yang satu dengan yang lain memiliki kebudayaan yang berbeda. Pada akhirnya budaya ini akan menimbulkan pengaruh terhadap lingkungannya. Contoh Masyarakat Bali. Bali terkenal dengan keunikan budayanya yang dikenal di seluruh dunia. Kebanyakan masyarakat disana menganut kebudayaan hindu. Misalnya saja pada saat hari nyepi, masyarakat disana mempunyai budaya tidak menyalakan cahaya apapun di hari itu, hal ini dilakukan seluruh umat hindu di Bali. Namun, secara tidak langsung penduduk non budha yang berada di lingkungan Bali juga mengikuti budaya tersebut. Itulah salah satu contoh bahwa manusia budaya melakukan hubungan dengan lingkungannya.
17.  Pertanyaan:
Bagaimana pembidangan kehidupan nasional menurut bangsa indonesia!
Jawab:
Pembidangan kehidupan nasional menurut bangsa indonesia dikembangkan melalui generalisasi (pembidangan yang bersifat umum atau luas) seperti yang terlihat dalam astagrata yaitu:
a.       Aspek alamiah (Trigatra), yaitu sebagai berikut:
1)      Kondisi geografis negara
2)      Kekayaan alam
3)      Keadaan dan kemampuan pendududuk (Demografi)
b.      Aspek sosial (Pancagatra), yaitu sebagai berikut:
1)      Ideologi
2)      Politik
3)      Ekonomi
4)      Sosial budaya
5)      Hankam (Pertahanan dan Keamanan)
18.  Pertanyaan:
Bagaimana sifat Gatra –Gatra dalam Tannas dan pengaruhnya satu sama lain?
Jawab:
Sifat gatra dalam sistem Tannas:
a.       Trigatra bersifat statis dan Pancagatra bersifat dinamis.
b.      Trigatra dipergunakan sebagai modal dasar untuk meningkatkan pancagatra.
c.       Gatra- gatra dalam sistem tannas dapat dibedakan secara teoritik.
d.      Kelemahan dalam satu gatra akan melemahkan gatra yang lain dan mempengaruhi pula keadaan keseluruhan.
Pengaruhnya:
Jika salah satu dari gatra melemah,maka akan melemahkan gatra yang lain.
Didalam gatra-gatra terdapat hubungan struktur kan fungsional sehingga dapat digambarkan dalam suagtu konfigurasi yang saling bekerjasama satu sama lain.
19.  Bagaimana peranan gatra Tannas terhadap kondisi kesejahteraan dan keamanan?
Peranan gatra Tannas terhadap kondisi kesejahteraan dan keamanan sangat besar, dimana gatra Tannas berperan sebagai:
1)      Mempermudah masyarakat mengetahui dan memahami keadaan geografi negara, sumber kekayaan alam, dan keadaan demografi sehingga dengan hal tersebut dapat dijadikan suatu pandangan bahwa keadaan geografi yang menguntungkan tersebut dapat mensejahterakan rakyat dengan pengelolaannya yang baik.
2)      Memperkuat pemahaman masyarakat tentang pentingnya memahami dan mengerti ideologi, politik, keadaan ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan dan keamanan dikarenakan rawan sekali terjadi penyelewengan, kesenjangan, dan perbedaan yang dapat menimbulkan konflik antara satu dengan yang lain, sehingga dengan pemahaman ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan di dalam suatu negara.
20.  Pertanyaan:
Pada gatra apakah cenderung  muncul ancaman, hambatan, gangguan dewasa ini dan kenapa pada gatra tersebut?
Jawaban:
Pancagatra, karena pancagatra ini bersifat dinamis yang dapat berubah-ubah dalm setiap waktu sesuai dengan kemajuan jaman,sehingga dengan hal tersebut akan memungkinkan suatu kejenuhan jika sesuatu yang dianut tersebut tidak dapat memberikan suatu perubahan ke arah yang lebih baik..Sebagai contoh, dengan adanya globalisasi maka diperlukan ideologi yang dapat  memberikan harapan hidup bagi pemeluknya,sehingga ideologi tersebut ntidak akan ditinggakkan pemeluknya.
21.  Pertanyaan:
Berikan contoh negara mana yang bubar karena ideologi yang dianutnya tidak memberikan harapan yang lebih baik!
Jawaban:
Uni Soviet
Yugoslavia
22.  Pertanyaan:
Faktor apa yang mempengaruhi kelanjutan dan kelestarian suatu ideologi dalam masyarakat bangsa?
Jawaban:
·         Nilai yang dikandung sebuah ideologi dapat menjamin aspirasi hidup.
·         Dapat digunakan sebagi penuntun dan pegangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
·         Dapat dikembang sesuai dengan kemajuan zaman.
·         Dapat menerima pengaruh dari luar yang bersifat positif.
23.  Mengapa dalam berdemokrasi yang menjadi konflik bukan pada wakil rakyat, tetapi justru di kalangan rakyat sendiri yang menimbulkan korban?
24.  Pertanyaan:
Demokrasi yang dilaksanakan di Indonesia bukan demokrasi liberal tetapi demokrasi pancasila. Bagaimana demokrasi pancasila tersebut?
Jawaban:
Demokrasi pancasila merupakan demokrasi atau kedaulatan rakyat dijiwai dan didasari segenap sila pancasila yang berarti ini berbeda dengan demokrasi liberal yang lebih mengutamakan kebebasan.Demokrasi pancasila adalah demokrasi yang didalamnya mengandung unsur – unsur hak  demokrasi yang didalamnya kita harus merasa bertanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa menurut kepercayaan masing – masing, menjunjung nilai kemanusiaan, menjamin persatuan dan kesatuan bangsa, melaksanakan kerakyatan, dan mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat.
25.  Pertanyaan:
Setiap warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki dan mempunyai hak atas pekerjaan dan kehidupan yang layak. Penghayatan dan pengamalan ini  menunjukkan gambaran demokrasi bidang apa?
Jawaban:
Demokrasi di bidang ekonomi, dimana setiap manusia ingin memenuhi kebutuhannya.Yang mana, untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia menuntut pekerjaan dan penghidupan yang layak sehingga mereka dapat melangsungkan kehidupannya.
26.  Pertanyaan:
Pengangguran merupakan bagian integral dari masalah tenaga kerja. Apa akibatnya jika pengangguran meningkat?
Jawaban:
  • Meningkatnya kemiskinan, dikarenakan dengan pengangguran yang meningkat maka pendapatan yang di dapat dalam suatu keluarga akan berkurang,sehingga memicu peningkatan kemiskinan.
  • Meningkatnya kriminalitas
  • Menghambat laju perekonomian
  • Menurunnya pendapatan perkapita negara
  • Meningkatnya jumlah orang gila akibat stres dan depresi
  • Meningkatnya populasi gelandangan dan pengemis
27.  Pertanyaan:
Bagaimana Pembinaan ketahanan nasional itu dilakukan?
Jawaban:
Pembinaan ketahanan nasional itu dilakukan melalui pembangunan nasional di segala aspek kehidupan nasional .Terutama aspek ekonomi,karena aspek tersebut tidak hanya berkaitan erat dengan kesejahteraan tetapi dianggap “ daya biak “ terhadap aspek kehidupan lainnya.Selain itu juga dengan memupuk SDM supaya menjadi SDM yang berkualitas(menguasai IPTEK dan dilandasi dengan Pengamalan Pancasila).Dengan di kembangkannya aspek-aspek kehidupan nasional tersebut secara tidak langsung dapat membentuk ketahan nasional yang pada akhirnya juga akan diperlukan untuk pembangunan nasional kedepannya.
28.  Pertanyaan:
Mengapa kunci Ketahanan nasional terletak pada kualitas SDM?
Jawaban:
Karena pada hakekatnya Sumber daya manusia merupakan subyek dan obyek dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu , dalam ketahanan  nasional diperlukan manusia yang benar – benar dapat mengelola aspek kehidupan dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan manusia yang berkualitas,yang selanjutnya dapat membangun kejayaan berbangsa dan bernegara.
29.  Pertanyaan:
Mengapa faktor kepemimpinan menentukan dalam peningkatan Ketahanan nasional?
Jawaban:
Karena faktor kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dan akan membawa bangsa indonesia dalam mencapai tujuan nasional.Oleh karena itu, Diharapkan”Pemimpin Yang Bersih” ,dalam arti pemimpin yang memiliki persyaratan-persyaratan formal yang diatur oleh UUD maupun UU yang kuat dan Berwibawa menjunjung tinggi Pancasila,berdiri diatas semua golongan atau paham.Serta mempunyai visi ke depan dalam membawa bangsanya mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa yang maju dan mencapai tujuan nasional.
30.  Pertanyaan:
Pada orde lama terdapat multi partai yaitu partai besar dan partai gurem.Namun, Pada masa orde baru difungsikan tinggal sepuluh partai. Dan akhirnya tinggal tiga, sebutkan!
Jawaban:
·         Golkar
·         PDI
·         PPP
31.  Pertanyaan:
Partai politik merupakan kekuatan politik yang menjadi aset bangsa.Sebutkan partai yang lolos verifikasi dalam mengikuti pemilu 2014!
Jawaban:

·         Demokrat
·         Golkar
·         PDI
·         PAN
·         PKB
·         PPP
·         Hanura
·         Gerindra
·         PKS
·         Nasdem
·         PBB
·         PK


13 comments:

  1. Thank you.. Sungguh sangat membantu..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak

    nomu nomu khamsahamnida , admin ^_^

    ReplyDelete
  3. waduh sayang kali, no 23 gak ada jawaban.,.
    terimakasih sudah sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Nomor 23 apa jawabannya mbak ?

    ReplyDelete
  5. makasih kaka. sangat membantu buat ngerjain tugas

    ReplyDelete
  6. TERIMAKASIH KA, SANGAT AMAT MEMBANTU

    ReplyDelete
  7. teruskan updatenya ya . semoga banyak dibaca

    ReplyDelete
  8. terimakasih sangat membantu dalam tugas saya

    ReplyDelete
  9. thank's yaa tugas nya . izin di copy yaa :)

    ReplyDelete
  10. terima kasih sangat membantu tetapi tugas dari dosen saya dlam satu kelas tidak boleh sma maka dari itu aku harus mnyimpulknnya sendiri

    ReplyDelete
  11. Sangat membantu. Tapi untuk masukan, sebaiknya warna latar dengan tulisannya kontras agar dapat dibaca

    ReplyDelete